HyeSoosSong

6 Jenis Teh yang Menyehatkan Badan

Posted by : dnanshmr
1 Juni 2012



Teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Beberapa jenis teh memiliki khasiat tersendiri. Berikut 6 jenis teh yang menyehatkan badan seperti dikutip dari Foxnews

  • Teh Hitam. Jenis teh ini yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia, hingga 75%. Teh jenis ini asalnya dari tanaman Camellia sinensis yang digulung dan difermentasi, lantas dikeringkan. Rasanya agak pahit, dan mengandung paling banyak kafein dibanding jenis teh lain. Kandungan antioksidannya baik sekali untuk menurunkan kolesterol. Minum teh ini 3-4 cangkir sehari, bisa mengurangi resiko stroke 21%.

  • Teh Hijau. Cara pengolahan teh hijau beda dengan teh hitam. Mereka dikeringkan dan dipanaskan tanpa melalui fermentasi. Kandungan kafeinnya lebih rendah dari teh hitam. Antioksidan jenis katekin yang ada dalam teh hijau ampuh mencegah penyakit kanker dan jantung. Mengkonsumsi 1 cangkir sehari mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular hingga 10%.

  • Oolong Teh. Pengolahan Oolong teh hampir sama denga teh hitam, hanya proses fermentasinya lebih pendek. Minum teh jenis ini berguna untuk menurunkan berat badan, sebab Oolong mengaktifkan enzim yang bertanggung jawab untuk melarutkan trigliserida, bentuk lemak makanan yang disimpan dalam sel lemak.

  • Teh Putih. Rasa teh putih sangat ringan, sebab diproses dari daun teh yang sangat muda/pucuk. Kadar kafeinnya pun rendah. Serta antioksidannya tinggi sebab proses pengolahannya sangat sederhana. Hanya dikeringkan saja. Manfaatnya juga baik untuk pencegah sakit kanker dan jantung, serta juga diabetes.

  • Teh Kemasan dengan Perasa. Jenis teh ini biasanya lebih praktis, sebab bisa langsung diminum. Perasa yang ditambahkan juga dapat menambah selera meminumnya, hanya saja, kandungan gula atau pemanisnya yang kurang baik bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes. Kandungan antioksidannya juga sangat rendah, hingga lebih baik meminum teh seduh.

  • Teh Herbal.Biasanya, isi dari teh herbal kemasan itu bukan berasal dari daun teh, melainkan daun atau buah kering lain yang diklaim bermanfaat bagi kesehatan. Cara penyajiannya yang mirip dengan teh, dengan diseduh dan menghasilkan warna merah, yang membuat nya dinamakan teh herbal. Kandungannya tergantung pada isi dari teh herbal tersebut. Ada yang berasal dari daun sirsak, atau daun dewa.

    Source : sidomi

    Via : tergila






  • 0 komentar:

    Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ