HyeSoosSong

20 Juni 2012



HyeSoosSong - Kemarin (19/06), Microsoft telah mengumumkan 2 tablet berlabel Surface besutan mereka. Dua tablet tersebut adalah Windows RT Surface dan Windows 8 tablet. Walaupun tergolong baru di dunia tablet, namun kualitas dari duo tablet Surface Microsoft tersebut tidak dapat di pandang sebelah mata.

Khususnya untuk Apple, menurut ulasan di Cbsnews.com, perusahaan dengan logo buah apel ini harus mewaspadai kekuatan Microsoft dari lahirnya produk tablet tersebut. Sekarang ini, memang banyak sekali produk-produk tablet yang bermunculan di pasaran, namun kebanyakan dari tablet tersebut masih 'meminjam' platform dari Microsoft yaitu Windows 8.

Oleh karenanya, apabila Microsoft telah menelurkan produk tabletnya sendiri, dapat dipastikan bahwa Microsoft akan memaksimalkan segala hal dalam operating system besutannya tersebut di dalam dua tabletnya yang rencananya akan diluncurkan pada akhir musim gugur mendatang.

Microsoft sekarang sudah mempunyai kekuatan yang berlebih untuk melawan vendor-vendor terkenal termasuk Apple. Setidaknya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dan diwaspadai Apple dengan rencana lahirnya dua tablet berlabel Surface dari Microsoft tersebut.

Mulai dari dahulu kala, Microsoft dan Apple saling bersaing dari sisi operating system. Apabila Microsoft mempunyai Windows, Apple juga mempunyai operating system sendiri yaitu Mac OS. Namun, menurut analisa beberapa pakar, kebanyakan pengguna komputer di dunia lebih banyak menggunakan produk Microsoft daripada Apple.

Selain lebih user-friendly, banyak pengembang yang menciptakan aplikasi atau software untuk dapat digunakan di Windows daripada di Mac OS. Memang boleh dikatakan iPad adalah salah satu produk Apple yang sangat hi-tech, namun produk tablet dari Apple tersebut tidak secara langsung dapat terintegrasi dengan software atau hardware perusahaan-perusahaan lainnya.

Walaupun Microsoft pernah juga membuat produk-produk yang boleh dikatakan gagal, namun dari pengalaman tersebut, Microsoft dapat mengambil langkah untuk memperbaikinya. Umur Apple dan Microsoft memang terpaut tidak terlalu jauh, namun Microsoft lebih mempunyai banyak pengalaman daripada Apple, menurut Erik Sherman seorang editor, jurnalis, sekaligus fotografer lepas yang tulisannya sering mampir di New York Times, Newsweek, Fortune, dan banyak media lainnya.

Sampai saat ini, Microsoft memegang rekor pemilik hak paten terbesar di dunia dan diikuti oleh IBM di nomor dua. Memang tidak dapat dikatakan bahwa hak paten itu sama dengan inovasi, namun nominal hak paten yang tercatat menandakan berapa banyak investasi yang diberikan perusahaan untuk menciptakan inovasi baru.

Walaupun 'nota damai' telah disepakati oleh Microsoft dan Apple sejak bertahun-tahun lalu, namun usaha Microsoft menciptakan tabletnya ini dapat memunculkan satu persaingan yang tidak kentara di antara keduanya. Akankah Apple mengibarkan bendera perangnya dengan lahirnya dua tablet Surface dari Microsoft tersebut?

Source : merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ