HyeSoosSong

6 Jejaring sosial yang aman untuk anak

Posted by : Dini Annisa Humaira
18 Juni 2012



Generasi muda dan anak-anak saat ini tak dapat dipisahkan dengan kemajuan teknologi dan internet. Berbagai macam jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Pinterest juga tak asing lagi bagi mereka. Hal ini tentu membuat banyak orang tua khawatir terhadap efek buruk jejaring sosial tersebut pada anak-anak mereka. Di lain sisi, mereka juga tak mungkin membiarkan anak mereka ketinggalan jaman dan tak mengenal teknologi ini. Lalu, apa ada jejaring sosial yang bisa bermanfaat bagi anak, namun tidak memberikan efek negatif? Jawabannya "Ada!" Mashable merekomendasikan beberapa jejaring sosial khusus untuk anak di bawah ini.

1. Clubpenguin.com

Situs ini menyediakan avatar berbentuk penguin untuk anak Anda. Saat bercakap-cakap, anak juga hanya diperbolehkan menggunakan kata yang terdaftar. Jika ada kata atau frasa yang tidak terdaftar, maka moderator akan meninjaunya. Dengan begitu, anak tidak akan bebas menggunakan kata-kata buruk atau jorok saat bercakap-cakap dengan teman mereka. Orang tua juga bisa melakukan kontrol atas waktu yang digunakan anak selama menggunakan clubpenguin.com. Situs ini baik untuk digunakan oleh anak di atas usia delapan tahun.

2. Everloop.com

Dalam Everloop, anak-anak bisa membuat halaman profil, bercakap-cakap dengan temannya, mengirim pesan, mengunggah foto, video, serta masuk dalam grup.Orang tua juga memiliki akses untuk melihat apa yang dilakukan anaknya pada situs ini. Everloop bisa digunakan oleh anak berusia 10 tahun ke atas.

3. Fantage.com

Fantage adalah dunia virtual dalam situs untuk anak-anak di mana mereka bisa mengendarai roket untuk mengelilingi kota dan istana. Mereka juga akan diberikan misi, dan bisa bercakap-cakap dengan teman mereka. Situs ini cocok untuk anak berusia sembilan tahun ke atas.

4. Franktownrocks.com

Franktownrocks adalah situs yang cocok untuk anak-anak yang menyukai musik. Mereka bisa bermain game yang berhubungan dengan musik. Selain itu, mereka juga bisa bercakap-cakap, membeli batang, dan melakukan banyak hal lain dalam situs ini. Tak perlu khawatir karena semua percakapan yang terjadi akan berada dalam pengawasan moderator. Situs ini cocok untuk anak berusia sembilan tahun ke atas.

5. Moshimonster.com

Dalam situs ini, misi yang harus dilakukan oleh anak adalah merawat makhluk yang disebut monster. Mereka bisa melakukan permainan untuk mendapatkan poin untuk merawat monster mereka. Moshimonster cocok untuk dimainkan oleh anak berusia sembilan tahun ke atas.

6. Yoursphere.com

Yoursphere hampir seperti sebuah halaman di mana anak-anak bisa menetapkan profil, teman, serta kegemaran mereka, misalkan mengenai acara televisi, musik, atau film. Dalam situs ini anak-anak bisa membuat blog, bermain game, dan berpartisipasi pada chat room. Yoursphere.com cocok untuk anak berusia sembilan tahun ke atas.

Itulah beberapa jejaring sosial yang bisa bermanfaat dan aman digunakan oleh anak Anda. Anda tak perlu khawatir mengenai penyalahgunaan jejaring sosial karena situs-situs tersebut memberikan akses bagi orang tua untuk memantau perkembangan dan aktivitas yang dilakukan anak.

Source via : kun @merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ