HyeSoosSong

27 Juni 2012


HyeSoosSong El Nino kembali mengancam Indonesia. Badan Meteorologi Dunia (WMO) memperkirakan, cuaca ekstrem itu akan datang bulan depan.

Tetapi, awal bulan Juli Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di sebagain besar wilayah Indonesia masih terjadi hujan. Seperti Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Apa itu cuaca El Nino? El Nino diawali terjadi peningkatan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik atau sebelah Timur Indonesia sementara di bagian Barat terjadi peningkatan suhu permukaan laut di Samudera India atau Indonesia. Kondisi itu membuat tekanan udara terganggu, akibatnya pola angin berubah.

Dampak terburuk El Nino adalah ancaman gagal panen dan kekurangan air bersih di beberapa wilayah. Pada daerah dengan suplai uap air tinggi, hujan lebat juga berpeluang terjadi yang bisa merusak siklus musim tanam.

Tetapi kemungkinan cuaca normal masih bisa terjadi. Apabila terjadi El Nino pun, belum tentu akan terlalu ekstrem. Badan rujukan para meteorolog sedunia ini memperkirakan periode kering itu terjadi selama Juli hingga September.

Jauh-jauh hari, BMKG Indonesia sudah merilis cuaca dalam satu pekan ke depan. Perkiraan ini hingga 2 Juli bulan depan. Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Indonesia dari 29 Juni - 2 Juli 2012:

1. Sumatera umumnya berpotensi hujan ringan, kecuali Sabang, Sumatera Selatan bagian Timur, Bangka dan Belitung berpotensi hujan sedang pada sore - malam hari.

2. Kalimantan umumnya berpotensi hujan ringan, kecuali Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Tengah bagian Selatan dan Kalimantan Selatan berpotensi hujan sedang pada sore – malam hari.

3. Sulawesi umumnya berpotensi hujan ringan - sedang, kecuali Sulawesi Tengah bagian Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara berpotensi hujan sedang - lebat pada siang-sore - malam hari .

4. Maluku umumnya berpotensi hujan ringan - sedang, kecuali Maluku Tengah berpotensi hujan sedang – lebat pada siang-sore – malam hari.

5. Papua bagian Utara umumnya berpotensi hujan ringan - sedang, kecuali Papua bagian Selatan berpotensi hujan ringan pada sore – malam hari .

6. Jawa umumnya Cerah, kecuali di beberapa tempat berpotensi hujan ringan - sedang pada sore – malam hari.

7. Bali dan Nusa Tenggara umumnya cerah, kecuali di beberapa tempat di Nusa Tenggara Timur bagian utara berpotensi hujan ringan pada sore – malam hari.

Cr : Mohamad Hasist @Merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ