HyeSoosSong

Mursi menang, Hamas sujud syukur

Posted by : dnanshmr
25 Juni 2012


Pejuang Hamas bersujud syukur di jalanan Kota Gaza, Palestina setelah mendengar kabar kemenangan Mursi sebagai Presiden Mesir, Minggu (24/6). (c) Mohammed Salem/Reuters


HyeSoosSong - Pemimpin dan simpatisan gerakan Hamas ikut bergembira setelah Muhammad Mursi memenangi pemilihan presiden Mesir. Beberapa pasukan keamanan bahkan melakukan sujud syukur karena kelompok Islam berjaya di beberapa negara selepas revolusi Arab tahun lalu.

Kantor berita Prancis AFP melaporkan, Senin (25/6), suasana Kota Gaza, Palestina, amat meriah setelah Mursi dinyatakan menang. Beberapa warga sampai menembakkan senapan ke udara. Salah satu dewan pimpinan Hamas, Mahmud Zahar menilai kemenangan kandidat Ikhwanul Muslimin itu amat bersejarah. "Hasil pemilihan ini sangat bersejarah dan membuka sebuah era baru dalam sejarah Mesir dan dunia Islam pada umumnya," ujar dia.

Hamas merupakan organisasi bentukan pegiat Palestina yang sempat bergabung dengan Ikhwanul Muslimin. Selama ini, organisasi Islam Mesir itu juga rutin mendukung perjuangan warga Gaza melawan penjajahan Israel.

Selain memberi selamat, Zahar berharap kemenangan Mursi dapat menjadi jalan agar warga dunia Arab tidak lagi tunduk pada kepentingan Barat. "Kemenangan ini semoga menjadi tanda kekalahan upaya pemberangusan yang bekerjasama dengan pihak asing," kata Zahar.

Mursi yang juga Ketua Partai Kebebasan dan Keadilan terpilih menjadi presiden Mesir. Dia mendapat 13,2 juta suara (51,73 persen), unggul dari rivalnya Ahmad Safiq yang memperoleh 12,2 juta dukungan (48 persen).

Mursi kepada wartawan menyampaikan terima kasih kepada rakyat Mesir atas kepercayaan yang diberikan. "Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Ini adalah amanat rakyat yang harus saya emban dengan sebaik-baiknya," ujar Mursi dalam jumpa pers usai pengumuman.

Dengan kemenangan kandidat Muslim, Mesir menyusul Maroko, Tunisia, dan Libya yang dikuasai kelompok Islam setelah Revolusi Arab merebak tahun lalu.

Cr : merdeka
Via : HyeSoosSong

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ