HyeSoosSong

5 langkah sehat Ketika Didepan Komputer

Posted by : Dini Annisa Humaira
1 Juni 2012



Bagi para pekerja kantoran, aktvitas menggunakan komputer  memang tidak dapat dihindari. Para pekerja ini mesti bertatapan dengan komputer  berjam-jam sehingga dapat membuat mata dan tubuh lelah. Jika hal ini terus dibiarkan tentu akan menghasilkan penyakit bagi tubuh. Karena itu perlu dilakukan tindakan pencegahan ketika kita harus bekerja dengan komputer dengan waktu yang lama. Mungkin 5 langkah dibawah ini dapat dijadikan masukan agar tubuh tidak terlalu lelah ketika bekerja dengan komputer.

Peregangan

     Peregangan merupakan salah satu langkah mudah dilakukan ketika bekerja dengan komputer. Karena pada saat bekerja dengan komputer tubuh cenderung jarang bergerak dan dapat menimbulkan kekakuan. Jadi sedikit berolahraga dapat membuat tubuh lebih lemas. Lakukanlah seperti gerakan memutar leher searah dan berlawanan jarum jam, regangkan jemari tangan dan kaki.

Jalan Santai

     Jalan santai dengan waktu 10 menit juga dapat membuat tubuh lebih rileks. Lakukan jalan santai disekitar area kantor, ini akan dapat menghindarkan anda dari sakit pinggang dan mencegah kenaikan berat badan.

Posisi Duduk

     Hal yang tak kalah penting adalah posisi duduk karena posisi duduk yang salah dapat menyebabkan sakit pinggang. Sebagian orang biasanya duduk dengan posisi membungkuk pada saat didepan komputer. Posisi baik pada saat didepan komputer adalah jaga jarak mata, usahakan bahu tetap rileks dan istirahatkan jemari anda sesaat seusai mengetik.

Konsumsi Makanan Yang Tepat

     Ternyata bekerja didepan komputer juga dapat membuat anda mudah lapar. Pastikan ketika anda lapar jangan mengkonsumsi makanan cepat saji yang dapat menaikkan berat badan anda. Usahakan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk melancarkan system metabolisme tubuh.

Istirahatkan Mata

     Sinar radiasi yang terpancar dari layar monitor member dampak yang besar bagi mata, apalagi bila anda terlalu lama berhadapan dengan komputer. Sebaiknya istirahatkan mata setiap satu setengah jam sekali. Istirahatkan mata anda selama 15 menit dengan memejamkan mata sejenak hingga merasa rileks kembali.  Mengistirahatkan mata ini sangat penting! Karena terlalu lama didepan komputer dapat meningkatkan tekanan syaraf mata, yang pada akhirnya dapat berujung pada kebutaan.

     Terkadang bekerja lama didepan komputer memang tidak dapat dihindari. Tetapi ini bukan menjadi alasan untuk tidak menjaga kesehatan tubuh. Perilaku yang sehat tentu dapat menghindarkan dari penyakit yang merugikan. Semoga bermanfaat.

Sumber: erwinmiradi

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ