HyeSoosSong

8 Juni 2012


Siapa yang menyangka bila anak desa akan memegang kekuasaan di Nusantara selama 32 tahun. Soeharto, anak dari pasangan Sukirah dan Kertoredjo ini menjadi pemimpin paling lama berkuasa sejak Indonesia merdeka.

Soeharto lahir pada 8 Juni 1921, di rumah sederhana di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Dari dusun kecil itulah kemudian lahir salah satu tokoh besar yang mendunia.

Soeharto adalah contoh pemimpin dengan filosofi kepemimpinan bersumber dari tradisi Jawa. Dia adalah pengamal setia tradisi warisan leluhurnya. Salah satu ciri utama filosofi Jawa yang benar-benar dihayati Soeharto adalah penghormatan terhadap harmoni dan keselarasan hubungan antara manusia dan alam semesta.

Sebagai orang Jawa, Soeharto pun sadar untuk mencapai sebuah puncak pimpinan kekuasaan tidak hanya bermodal kekuatan militer dan kelihaian strategi politik, 'lelaku' pun dia jalani untuk memperkuat keyakinannya.

Dalam buku 'Dunia Spiritual Soeharto', Arwan Tuti Artha, banyak mengulas tentang lelaku ritual yang dilakukan oleh penguasa rezim orde baru itu. Tempat-tempat kramat banyak yang dikunjungi Soeharto untuk mempertahankan posisinya sebagai penguasa tunggal di bumi pertiwi kala itu.

Beberapa tempat laku spiritual Soeharto pernah ditelusuri oleh Arwan. Sebut saja Padepokan Lang Lang Buana Gunung Srandil di Cilacap, Kali Garang, Sampangan Semarang,  makam Pangeran Purbaya di Desa Maguwaharjo, Berbah, Sleman dan masih banyak temapt yang dia datangi untuk bertapa.

Bahkan masyarakat di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Cilacap, mengaku sering melihat rombongan kepresidenan yang dipimpin Soeharto mendatangai tempat pemujaan Jambe Pitu. yang terdapat di desa tersebut. Penguasa orde baru ini selalu datang didampingi seorang guru spiritual kepercayaannya yang berasal dari Semarang yang bernama Romo Diyat.

Apa yang diharapkan Soeharto dari semua ritual mistik yang dijalankannya? Sebagai pemimpin atau raja, Soeharto ingin meraih derajat tertinggi yakni 'Sabda Panditha Ratu'.

Artinya segala perintah dan keinginannya adalah perintah yang tidak bisa dibantah lagi oleh siapapun. Untuk bisa bisa mencapai tingkat tersebut Soeharto, harus menjalin hubungan yang harmonis dengan alam dan leluhur demi langgengnya kekuasaan Orde Baru.

Source : merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ