HyeSoosSong

Reptil Ini Mengunyah dengan "Pisau Steak"

Posted by : Dini Annisa Humaira
9 Juni 2012

Tuatara


LONDON - Tuatara, reptil dari Selandia baru, mengunyah makan an dengan cara yang unik. Ia memotong makan an dengan menggerakkan rahang bawahnya ke depan dan belakang, seperti layaknya manusia menggunakan pisau steak.

Saat tuatara mengunyah, rahang bawah menutup di antara dua gigi bagian atas. Selanjutnya, rahang digerakkan maju dan mundur sejauh beberapa milimeter. Dengan cara ini, gigi tuatara yang tajam mampu memotong makan an.

"Apa yang memungkinkan tuatara melakukan hal ini adalah akses pada beragam macam makan an seperti serangga, laba-laba, siput, kadal, katak dan burung laut," kata Marc EH Jones, pakar biologi evolusi dari University of College London.

Cara tuatara makan mematahkan teori sebelumnya. Ilmuwan percaya bahwa hewan yang tingkat metabolismenya rendah tak punya mekanisme kompleks untuk mengunyah makan an. Tuara tak aktif dan metabolismenya tak setinggi reptil lain namun memiliki mekanisme mengunyah yang kompleks.

Dalam studi ini, Jones berkolaborasi dengan ilmuwan dari University of Hull di Inggris. Mereka membuat simulasi komputer tentang cara tuatara mengunyah. Ini memungkinkan ilmuwan meneliti tanpa perlu melakukan scan dengan sinar X.

Analisis fosil yang dilakukan ilmuwan sebelumnya menyebutkan bahwa nenek moyang tuatara mulai mengembangkan struktur rahang untuk mendukung cara mengunyah pada masa 180 juta tahun yang lalu.
"Dan itu merupakan masa yang hampir sama dengan saat mamalia mulai berevolusi mengembangkan mekanisme mengunyahnya," kata Jones seperti dikutip New York Times pada Senin (4/6/2012).

Sumber :
New York Times

Via :
sains.kompas


0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ