HyeSoosSong

Program TV Ramadan jadi festival pelecehan

Posted by : Dini Annisa Humaira
6 Agustus 2012


Seperti tahun-tahun sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan pemantauan program-program TV selama Ramadan. Pada Ramadan 1433 Hijriah ini, tidak berbeda dengan Ramadan sebelumnya, MUI tetap menemukan program-program yang tidak beresensi pada dakwah melainkan hanya menjadi acara yang berisikan celaan.

"Meskipun menggunakan nama program yang bertalian dengan Ramadan, momentum Ramadan telah disalahgunakan oleh program yang dipenuhi adegan dan dialog yang melecehkan sesama, merendahkan, memperolok, serta memaki-maki. Hal itu terutama banyak ditemukan dalam acara komedi," kata salah satu tim pemantau tayangan televisi MUI Komisi Informasi dan Komunikasi, Imam Suhardjo saat jumpa pers di Kemenkominfo, Senin (6/8).

Hal itu bertentangan dengan peraturan Komisi Penyiaran Indonesia nomor 02/P/KPI/03/2012 tentang Standar Program Siaran (SPS), pasal 24 ayat (1), yang berisikan "Program siaran dilarang menampilkan ungkapan kasar dan makian, baik secara verbal maupun nonverbal, yang mempunyai kecenderungan menghina atau merendahkan martabat manusia, memiliki makna jorok/mesum/cabul/vulgar, dan/atau menghina agama dan tuhan."

"MUI menyerukan kepada masyarakat untuk memboikot berbagai program atas nama Ramadan, khususnya komedi, yang muatannya jauh dari semangat Ramadan, dipenuhi ungkapan kasar dan makian. Program demikian sejatinya hanya membajak momentum Ramadan," ujarnya.

Sebaliknya, MUI mendorong pengelola TV mengedepankan faktor kompetensi dan integritas seseorang di atas pertimbangan selebritas dalam memilih penceramah agama, sehingga kualitas dan validitas materi keagamaan serta keteladanan sang juru dakwah bisa dipertanggungjawabkan.

"Fungsi TV bukan hanya hiburan tapi juga memberi informasi dan edukasi," pungkasnya.

Beberapa acara yang dicatat MUI yang bermuatan makian adalah program "Pesbukers" di ANTV yang dibawakan Olga Syaputra dan Raffi Ahmad, Opera Van Java (OVJ) di Trans 7, Waktunya kita Sahur (WKS) di Trans TV dan lain sebagainya.

Cr : merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ