HyeSoosSong

Berkebun Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Posted by : Dini Annisa Humaira
17 Agustus 2012


HANYA dua setengah jam  melakukan aktivitas berkebun dan berjalan yang dilakukan paruh baya usia 50 tahunan ternyata mengurangi biaya karena meurunkan risiko penyakit jantung.

Hubungan antara olahraga dan kesehatan jantung memang sudah terkenal. Dan kini menurut penelitian yang didanai British Heart Foundation mengonfirmasi mekanisme olahraga ringan yang menaikkan detak jantung berefek sebagai anti inflamasi atau anti peradangan.

Pemimpin studi Associate Professor of Epidemiology and Public Health Dr Mark Hamer dari University College menjelaskan hasil studinya itu menunjukkan efek jangka panjang bagi pelaku gaya hidup aktif berolahraga bisa mencegah peradangan dan penyakit jantung. "Penanda inflamasi penting karena sebagai mekanisme kunci yang menjelaskan hubungan aktivitas fisik dan penurunan risiko penyakit jantung," jelas Dr Hamer.

Oleh sebab itu sangat direkomendasikan untuk orang dewasa berolahraga lima kali seminggu selama 30 menit atau lebih yang bermanfaat bagi kesehatan. Intensitas olahraga tersebut harus cukup meningkatkan denyut jantung hingga 120 kali per menit yaitu dengan berjalan cepat dan berenang. Namun ternyata berkebun atau sekedar berjalan-jalan bagi usia paruh baya dianggap sebagai kegiatan olahraga yang menyehatkan. (dailymail/OL-06))

Via : MI 

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ