HyeSoosSong

Dirusak, lukisan wajah Yesus berganti rupa gorila

Posted by : Dini Annisa Humaira
23 Agustus 2012


Lukisan wajah Yesus di Gereja Borjanos, Kota Zaragoza, Spanyol, pekan lalu dirusak nenek 80 tahun. (dailymail.co.uk)


Nenek 80 tahun di Kota Zaragoza, selatan Spanyol, ini sebetulnya sangat mencintai Yesus. Saat lukisan dinding juru selamat pada ajaran Nasrani itu terkelupas karena kelembaban, dia berupaya memperbaiki. Namun, niat baik itu malah menjadi bencana seni karena dia tidak mampu menggambar.

Harian the Daily Mail melaporkan, Kamis (23/8), perempuan tidak disebut namanya itu nekat menggambar ulang lukisan dinding itu berbekal cat minyak saat sore ketika gereja sepi. Dia bukan seorang seniman dan tidak pernah diketahui punya pengalaman melukis. Jemaat Gereja Borjanos terkejut saat tahu gambar indah itu menjadi rusak. Tidak tampak lagi sosok Yesus, yang ada malah mirip gorila.

Gambar wajah Yesus berdoa itu diberi judul 'Ecce Homo', karya pelukis besar Spanyol Elias Garcia Martinez. Dia membuat lukisan di dinding Gereja Borjanos menggunakan teknik fresco 120 tahun lalu. Ribuan peziarah Kristen di Eropa banyak mendatangi gereja ini hanya untuk melihat lukisan itu. Risiko menggambar di tembok tentu saja jamur dan udara lembab. Terbukti sebelum insiden ini, gambar Yesus itu sudah mengelupas di sana-sini.

Pihak gereja mengaku wanita tua itu bertindak tanpa izin mereka pekan lalu. "Kami memang tidak pernah menutup gereja, saat sepi dia menggambar ulang karya seni bersejarah itu," tulis dewan gereja Borjanos dalam pernyataan pers. Si wanita ceroboh ini tidak akan dituntut sebab tindakannya dilandasi kepedulian.

Meski memaklumi tindakan ceroboh itu, warga tetap meminta pemerintah Kota Zaragoza bertindak cepat. Ahli waris Martinez ternyata tidak marah meski karya moyang mereka dirusak. Cucu pelukis besar itu telah memberi bantuan tenaga ahli perawat lukisan untuk mencari tahu apakah gambar tembok telah berganti menjadi aneh itu bisa kembali seperti semula.

Cr : Merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ