HyeSoosSong

Tips berpuasa untuk penderita diabetes

Posted by : Dini Annisa Humaira
6 Agustus 2012


Selama Ramadan, tidak sedikit Muslimin yang sakit diabetes memutuskan untuk berpuasa. Mereka umumnya menyayangkan, jika harus melewati Ramadan tanpa puasa, meski sebenarnya di dalam Islam kepada orang sakit ada pengecualian tidak berpuasa.

Dilansir dari situs diabetes.org.uk, ada beberapa tips yang bisa digunakan kepada penderita diabetes selama berpuasa, supaya dapat meminimalisir risiko sakit selama Ramadan.

1. Konsultasi dengan dokterSebelum berpuasa, tidak ada salahnya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Supaya dokter dapat memutuskan yang terbaik untuk anda.

2. Konsumsi sedikit insulinSebaiknya anda sedikit mengonsumsi insulin, atau hormon yang berfungsi menyimpan lemak dan mencegah penggunaan lemak sebagai energi.

3. Perhatikan jenis makananUntuk menu makan sahur, dianjurkan mengonsumsi makanan yang memiliki sifat lebih lama diserap tubuh, seperti beras, roti pitta, buah-buahan, dan sayuran.

4. Cek rutin kadar gula dalam darahSelama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya anda lebih sering cek kadar gula dalam darah. Hal ini untuk memudahkan pemantauan, dan pengambilan keputusan ketika terjadi sesuatu.

5. Jangan berbuka dengan yang manisHindari buka puasa dengan makanan manis dan berlemak, juga tidak diperkenankan terlalu kenyang selama berbuka. Perbanyak minum air mineral, untuk menghindari dehidrasi.

6. Sahur tepat waktuUsahakan makan sahur tepat waktu, jangan makan sebelum masuk waktu sahur dan terlalu dekat dengan azan Subuh.

Cr : merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ