HyeSoosSong

23 Mei 2012



Setelah Supermoon yang sangat indah beberapa waktu lalu, kini orang-orang yang berada di daratan Asia bagian timur dan penduduk Amerika Serikat di sebelah barat dapat menikmati satu lagi pemandangan langit yang tak kalah spektakuler.

Pada hari minggu depan ini (20/05), astronom memperkirakan bahwa bulan akan menghalangi lingkar matahari atau yang disebut dengan gerhana matahari. Gerhana matahari kali ini akan sangat indah karena letak bulan akan berada tepat ditengah-tengah diameter matahari. Apabila dibayangkan, gerhana matahari kali ini mirip seperti cincin raksasa yang menyala di langit.

Menurut Msn.com, gerhana matahari kali ini disebut dengan annular solar eclipse atau dalam bahasa latin disebut annulus yang berarti cincin kecil. Gerhana matahari ini dapat disaksikan oleh sebagian besar wilayah Asia, Pasifik, dan beberapa bagian di Amerika Latin sebelah utara dan barat. Kawasan Amerika serikat dan Kanada juga dapat menikmati pemandangan ini namun terbatas untuk beberapa bagian saja.

Menurut para Space.com, dalam gerhana matahari kali ini, bulan akan menutupi sekitar 94 persen permukaan matahari. Pada tanggal 20 Mei, fenomena alam ini akan menampakkan diri di Amerika Utara dan pada tanggal 21 Mei, sore hari, gerhana matahari ini dapat dinikmati oleh masyarakat di kawasan Asia.

Sebuah peringatan yang disampaikan oleh para astronom bahwa dilarang untuk melihat ke arah terjadinya gerhana secara langsung dengan mata telanjang, walaupun tertutup oleh bulan, namun beberapa sinar matahari akan dapat membakar retina manusia. Disarankan untuk mengamati dan menikmati pemandangan langit ini dengan menggunakan filter atau kacamata khusus.

Wow, setelah Supermoon menghiasi malam hari dan dijadikan sebagai model oleh banyak fotografer dari berbagai penjuru dunia, minggu besok giliran matahari yang akan menjadi model bagi banyak fotografer tersebut. Memang, keindahan langit dan kuasa Tuhan tidak terbatas.
Source : merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ