HyeSoosSong

Jamur Pembunuh Jamur "Zombie"

Posted by : dnanshmr
14 Mei 2012

         Spora terpencar dari jamur yang menginfeksi semut.      


PENNSYLVANIA, HyeSoosSong.blogspot.com - Semut pun bisa diserang zombie. Dalam dunia semut, zombie adalah jamur yang bisa menginvasi hingga ke otak, menyebabkan kematian dan akhirnya membangun koloni di eksoskeletonnya.

Semula, dikira si jamur zombie begitu meraja, tak terkalahkan. namun, studi terbaru menunjukkan bahwa jamur zombie itu bisa dikalahkan oleh organisme lain yang juga jamur.

David Hughes dari Pennsylvania State University mengungkapkan bahwa jamur yang bisa menyerang jamur zombie adalah jamur putih. Jamur ini menganggap bahwa bangkai semut adalah makanan enak untuk disantap.

Menurut Hughes, adanya jamur putih mencegah serangan jamur zombie meluas, menginfeksi semua semut dalam ssatu koloni. Jadi, jamur putih ini bermanfaat bagi semut.

"Melihat koloni, ini adalah hal bagus bagi semut. Musuh dari musuh saya ternyata adalah teman bagi saya," kaya Hughes seperti dikutip New York Times.

Serangan jamur zombie mampu membunuh semut dalam 7-9 hari. Setelah satu atau dua bulan kemudian, jamur putih datang dan menyerang jamur zombie yang sudah mulai berkembang.

Untuk mendapatkan hasil ini, Hughes meneliti populasi semut di Brazilia dan Thailand. Hasil studi Hughes dipublikasikan di jurnal PLoS ONE yang terbit baru-baru ini.

Hughes mengatakan, hubungan semut, jamur zombie dan jamur putih menunjukkan kompleksitas relasi dalam suatu eksosistem, terutama kehidupan di wilayah hutan hujan tropis yang tak punya musim dingin.

"Hidup menjadi waktu untuk mencari makanan tanpa henti. Kita belum mampu mempelajari secara mendalam kompleksitas interaksi yang ada di sana," urai Hughes.

Sumber :
New York Times

Via :
Kompas

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ