HyeSoosSong

23 Mei 2012





Orangutan Sumatra memiliki trik yang cerdik untuk menunda masa puber hingga memiliki kemampuan melawan yang jantan lebih kuat. Kemampuan ini tidak ditemukan pada spesies primata lain, seperti saudaranya di Kalimantan. 

Peneliti mencoba menjelaskan perilaku aneh ini. Mereka menemukan mekanisme penangguhan kematangan seksual berlangsung hingga 10 tahun. Hewan primata ini tidak akan memasuki masa puber hingga usia 30 tahun. 

Orangutan jantan biasanya mulai bereproduksi ketika mencapai usia 15 tahun. Tapi, mereka tidak akan terpesona dengan yang betina hingga telah mencapai karakteristik seksual sekunder, seperti peningkatan massa otot. 

Ketua tim peneliti Universitas South Florida, Amerika Serikat, Gauri Pradha seperti dilansir dari Dailymail.co.uk, mencatat penundaan masa puber orangutan Sumatra bisa berlangsung hingga 10 tahun. 

Tim ini juga menemukan simpanse Sumatra berbeda dengan Kalimantan. Mereka akan memonopoli betina selama beberapa minggu dalam satu periode.

Karakteristik lain yakni orangutan jantan menunggu rambut mereka tumbuh memanjang pada lengan dan punggung mereka. Jakun yang lebih besar juga bisa membuat mereka menggoda calon pasangannya.

Orangutan muda tampak menikmati tambahan 10 tahun sebagai "anak-anak". Mereka menggunakan waktu itu untuk membangun kekuatan individu. 

Kelompok orangutan jantan yang terdiri dari anggota paling dominan mengotrol kelompok betina. Pihak ini lebih sering mengalami insiden dalam perkembangan mereka. Pejantan tangguh ini akan memasuki masa puber ketika bisa menggulingkan pejantan yang paling dominan dalam kubunya.

Dari kemampuan ini, tim menemukan kaitan yang kuat antara masa puber yang tertunda dengan kematian usia muda.


Source : duniaproduk

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ