HyeSoosSong

November, `Laskar Pelangi` Terbit di AS

Posted by : Dini Annisa Humaira
31 Mei 2012


Jakarta: Edisi internasional novel Laskar Pelangi atau The Rainbow Troops karya Andrea Hirata bakal terbit di Amerika Serikat. Rencananya November mendatang. Penerbitnya yang diterbitkan penerbit ternama dunia Farrar, Straus and Giroux (FSG).

"Tahap awal akan dicetak sebanyak 500.000 eksemplar," kata Andrea di Jakarta, Kamis (31/5).

Novel yang berkisah tentang perjuangan 10 anak Pulau Belitong dalam menggapai pendidikan itu, mula-mula akan diedarkan di AS, Kanada, Inggris, dan Australia. "Saat ini masih dalam tahap editing dan draft cover. Mudah-mudahan bisa selesai tepat pada waktunya," kata Andrea.

FSG adalah penerbit ternama asal negeri Paman Sam, yang berdiri sejak 1946. FSG penerbit paling banyak mencetak karya para pemenang Nobel Sastra. "Saya tak pernah membayangkan, sebuah novel yang diterbitkan penerbit kelas dunia sangatlah rumit," ungkapnya.

Andrea menjelaskan, untuk rancangan sampul depan saja memakan waktu berbulan-bulan. Lewat diskusi panjang pula. Sementara untuk pembuatan halaman depan novel melibatkan sosiolog dan antropolog.

Hal ini tentu saja berbeda dengan pembuatan halaman depan di Indonesia: ringkas. Cuma melibatkan perancang grafis. Editor novel The Rainbow Troops adalah Sarah Crichton. Dia sebelumnya pernah mengedit novel bestseller, A Long Way Gone, karya Ishmael Beah.

Andrea berharap melalui novel yang mengangkat namanya itu bisa memenangkan Nobel Sastra. Hal itu rasanya, tak mustahil karena 23 pemenang Nobel Sastra dunia karyanya diterbitkan FSG, seperti Pablo Neruda dan Nadine Gordimer.

"Insya Allah, Laskar Pelangi pun berpeluang," Andrea berharap.(Ant/ICH)

Source : metrotv

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ