HyeSoosSong

24 Mei 2012



Punya kebiasaan makan di luar rumah? Mungkin Anda harus mulai mengubah kebiasaan itu. Pasalnya, penelitian terbaru menemukan bahwa memakan masakan buatan rumah lebih dari lima kali dalam seminggu bisa membuat Anda hidup lebih lama. Bagaimana bisa?

Berdasarkan penelitian ini, subyek yang memasak masakannya sendiri lima kali selama seminggu memiliki kemungkinan 47% lebih tinggi untuk hidup 10 tahun lebih lama.

"Semakin jelas bahwa memasak adalah perilaku yang sehat," kata ketua peneliti Professor Mark Wahlqvist, seperti dilansir oleh NY Daily News.

Peneliti yang terdiri atas ilmuwan yang berasal dari Taiwan dan Australia menerbitkan temuan mereka ini pada jurnal Cambridge University yang berjudul Public Health Nutrition.

Penelitian selama 10 tahun ini melibatkan 1.888 wanita dan pria berusia di atas 65 tahun yang tinggal di Taiwan. Para peneliti mencari tahu beberapa gaya hidup dari relawan termasuk kebiasaan memasak, berbelanja, diet, pendidikan, kebiasaan merokok, dna lainnya.

Tak hanya memasak, kebiasaan berbelanja, menggunakan transportasi umum, dan tidak merokok juga bisa membuat Anda hidup lebih lama.

Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang mengonsumsi makanan buatan rumah memiliki prestasi yang lebih baik dan memiliki hubungan yang lebih sehat dengan teman-teman dan orang tuanya.

Ditambah lagi, berdasarkan penelitian Mark Hyman yang dikutip oleh Huffington Post, anak-anak yang makan makanan buatan rumah memiliki kecenderungan 42% lebih rendah dalam kemungkinan minum minuman beralkohol, 50% lebih rendah dalam kemungkinan merokok, dan 65% lebih rendah untuk menggunakan obat-obatan terlarang.

Hyman menyarankan agar Anda mulai memasak masakan sendiri di rumah dengan menggunakan makanan lokal yang masih segar, serta mengurangi pemakaian makanan yang mengandung fruktosa atau gula yang tinggi.

Selain itu, Hyman juga menyarankan agar Anda mematikan telepon genggam dan televisi saat makan bersama keluarga. Selain membuat Anda hidup lebih lama, kegiatan bersama keluarga ini juga bisa mendekatkan hubungan Anda dengan semua anggota keluarga.

Source : merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ