HyeSoosSong

16 Desember 2011


Ilustrasi pasar modal

JAKARTA,  — Fitch, salah satu badan pemeringkat dunia, Kamis (15/12/2011), menaikkan peringkat utang Indonesia dari BB+ menjadi BBB- sebagai peringkat investasi sebagaimana 15 tahun lalu.

Kenaikan peringkat ini membuat risiko investasi di Indonesia berkurang dan semakin memikat investor asing ke pasar Indonesia. Menurut ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, kendati cukup mengejutkan karena sebelumnya diperkirakan baru akan diberikan tahun 2012, investor sudah memfaktorkan kemungkinan tersebut mengingat perkembangan kinerja makro Indonesia yang solid.

Sebelumnya, pada 24 Februari 2011, Fitch menaikkan outlook Indonesia dari stabil menjadi positif. 

Pertumbuhan ekonomi bertahan tinggi di 6,5 persen dengan tingkat inflasi yang rendah (kurang dari 4 persen), nilai tukar yang stabil, disertai anggaran dengan tingkat defisit yang rendah dan rasio utang PDB yang sehat," kata Lana di Jakarta, Jumat (16/12/2011).

Berita peningkatan peringkat itu diperkirakan bakal mengangkat pasar modal dan uang hari ini. 

Sentimen negatif hari sebelumnya di pasar global menjalar ke Asia kemarin.

Mata uang Asia melemah terhadap dollar AS, termasuk rupiah yang ditutup turun tipis ke Rp 9.091 per dollar AS (kurs tengah Bloomberg).

Lana memperkirakan, pasar Asia akan kembali positif hari ini karena ada perbaikan sentimen di pasar global. Pasar Indonesia akan mengalami euforia menyambut peringkat investasi yang diberikan Fitch. Rupiah diperkirakan akan menguat di kisaran Rp 9.020-Rp 9.050 per dollar AS.

Source : Kompas.com


0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ