HyeSoosSong

Wajah Vesta dari Jarak Terdekat

Posted by : dnanshmr
28 Desember 2011


Wajah Vesta dari jarak terdekat, menunjukkan salah satu kawah di belahan utara asteroid tersebut.

PASADENA— Wahana antariksa Dawn milik NASA berhasil mengambil foto wajahclose up asteroid Vesta, salah satu asteroid terbesar yang memiliki lebar 530 kilometer. Wajah close uptersebut berhasil ditangkap pada 13 Desember 2011  dan dirilis NASA pada Rabu (21/12/2011).

Dalam citra yang diambil dari jarak 210 km di atas permukaan Vesta, hanya sedikit lebih jauh dari jarak Jakarta-Bandung, tampak bahwa Vesta memiliki alur unik, lubang-lubang kecil, serta kawah. Wajah Vesta tampak tidak rata bagai wajah remaja yang berjerawat.

"Kami senang dengan data yang kami dapatkan. Ini tampaknya lebih baik," ujar Carol Raymond dari Jet Propulsion Laboratory NASA, pemimpin investigasi wahana antariksa yang berbiaya 446 juta dollar AS ini, Rabu (21/12/2011).

Dengan sampai pada jarak terdekat, Dawn yang berbiaya 446 juta dollar AS bisa mempelajari komposisi asteroid. Bagi astronom, hal ini sangat penting sebab bisa memberi petunjuk tentang asal-usul asteroid tersebut, termasuk sejarah terciptanya tata surya dan semesta.

Sebelum menghasilkan citra ini, Dawn juga telah membuat kejutan dengan menangkap adanya gunung yang tingginya mengalahkan Everest di Vesta. Dawn juga menangkap jurang yang dalamnya melebihi Palung Mariana. Mulai Juli 2012, Dawn akan meninggalkan Vesta menuju Ceres, bersiap memberi kejutan lainnya kepada umat manusia.

Sumber :
AP/SPACE.com






Via : Kompas

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ