HyeSoosSong

4 Juli 2012



Kondisi kurang baik sedang dialami produsen BlackBerry, Research in Motion (RIM). Dari berbagai sisi, posisinya kurang menggembirakan.

Analis Asymco Horace Dediu menjelaskan kondisi produsen BlackBerry ini memang sedang terpuruk. Mulai dari laba yang kini sedang merugi, pengiriman unit ponsel yang terus merosot hingga marjin operasi. Bahkan RIM ini dikabarkan sedang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ke sejumlah karyawannya.

Awalnya, produsen BlackBerry ini selalu laris manis dalam menjual perangkat BlackBerry sejak akhir 2010 hingga awal 2011. Namun setelah itu, produsen BlackBerry ini selalu mengalami penurunan jumlah pengiriman unit, bahkan menurun tajam. Marjin operasionalnya pun merosot hingga minus 25 persen.

Sebenarnya, keterpurukan juga tidak hanya dialami oleh RIM. Nokia yang pada awalnya dianggap sebagai raja ponsel dunia juga sedang diambang keterpurukan.

Analis John Gruber menganggap bahwa RIM tidak memiliki platform andalan lain selain BlackBerry OS yang lama. Sementara, OS terbaru BlackBerry 10 ini juga malah ditunda peluncurannya.

Sedangkan Nokia juga mengalami hal yang sama. Penjualan ponsel dengan OS Windows Phone stagnan. Kini, Nokia juga tengah mempersiapkan "rencana B" bila proyek ponsel Windows Phone gagal.

Berikut grafis tentang kondisi vendor ponsel saat ini:


Grafis tentang pengiriman unit ponsel:

screen 1


Grafis tentang pengiriman unit ponsel RIM terhadap pasar:


screen 2

Grafis tentang pendapatan dan marjin operasi dari beragam vendor:


screen 3

Sumber :

Via :
tekno.kompas

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ