HyeSoosSong

Tiket Elektronik KRL Mulai Diterapkan

Posted by : Dini Annisa Humaira
27 Januari 2012

Petugas dari PT Kereta Api Indonesia menunjukkan Commuter Electronic Ticketing atau disingkat COMMET di Stasiun Kereta Juanda, Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2012).

JAKARTA — Jumat (27/1/2012) ini, para pemegang kartu trayek bulanan (KTB) atau kartu langganan sekolah (KLS) kereta rel listrik Commuter Jabodetabek dapat mulai menukarkan kartunya menjadi kartu Commet (Commuter Electronic Ticket). Penukaran ini berlangsung pada 27-31 Januari 2012 di tiap-tiap stasiun.

Tahap pertama ada di 35 stasiun dengan tiket Commet yang ada 15.000 tiket.
-- Makmur

Sekretaris Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran, mengatakan bahwa ada petugas khusus yang nanti akan melayani para pemegang KTB dan KLS yang hendak menukarkan kartunya menjadi kartu Commet.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah terus mengumumkan kepada para penumpang melalui flyer dan spanduk. "Ini masih berlaku untuk para pemegang KTB dan KLS dulu. Nantinya juga akan diberlakukan untuk umum," kata Makmur, ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (27/1/2012).

Penerapan tiket elektronik ini akan dilakukan dalam tiga tahap sebagai bentuk sosialisasi, juga terhadap masyarakat agar tidak bingung saat tiket elektronik diterapkan pada Juli mendatang. Untuk tahap pertama, tiket elektronik terbatas pada pemegang KTB dan KLS. "Tahap pertama ada di 35 stasiun dengan tiket Commet yang ada 15.000 tiket," ungkap Makmur.

Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 1 April-30 Juni di 51 stasiun dengan sebaran 30.000 tiket Commet. Pada saat tahap kedua ini, pelanggan sudah bisa mendapatkan tiket Commet.

Selanjutnya, tahap ketiga akan dimulai pada tanggal 1 Juli untuk seterusnya di 63 stasiun dengan sebaran 100.000 tiket Commet. "Tentunya bisa lebih dari 100.000 tiket ke depannya. Perlu dicatat juga, hingga Juni, tiket kertas masih digunakan," ungkapnya.

Pemegang KTB dan KLS yang ingin segera menukarkan kartunya menjadi Commet dapat mengisi formulir yang disediakan di stasiun dengan menyertakan kartu identitas yang masih berlaku. Setelah bulan Juli nanti, para penumpang bisa langsung membeli tiket elektronik tersebut.

Source : Kompas

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ