HyeSoosSong

7 Tips meningkatkan energi secara instan

Posted by : Dini Annisa Humaira
5 September 2012


Tubuh yang kekurangan energi akan terlihat lesu dan tak bergairah. Efeknya, kinerja jadi menurun dan tidak produktif. Adakah cara instan untuk mengatasinya?

Lesu, pusing, dan tak bertenaga. Itu pertanda Anda mengalami kekurangan energi. Salah satu penyebabnya adalah faktor kelelahan. Sering merasa lelah dan tak berenergi? Itu bisa menjadi gejala penyakit tertentu, seperti anemia, diabetes, penyakit tiroid, penyakit jantung, dan gangguan tidur, seperti dilansir Medicinenet.

Tenang, ada cara mudah memompa kembali energi tubuh yang hilang. Berikut adalah tujuh tips meningkatkan energi secara instan.

1. Konsumsi makanan berenergi.

"Untuk meningkatkan energi secara instan, makan snack sehat yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks," kata Christine Gerbstadt, MD, MPH, RD, juru bicara American Dietetic Association (Asosiasi Dietetik Amerika) dan peneliti dari Universitas Drexel di Philadelphia, dikutip dari Webmd, (19/11/2010).

Tips: Anda bisa menemukan karbohidrat kompleks dalam produk gandum.

2. Istirahat sejenak

Anda dapat mengatasi kelelahan dengan beristirahat sejenak dan tidak melakukan apa pun, menurut Jon Gordon, konsultan kebugaran di Florida, yang bekerja untuk perusahaan dan atlet.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pekerja beristirahat 14 menit setelah duduk dua jam di depan komputer memiliki kinerja lebih tinggi, bekerja lebih cepat, dan lebih akurat.

Tips: Luangkan waktu 5 atau 10 menit untuk beristirahat dari rutinitas di tempat kerja. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan energi tubuh yang hilang.

3. Bergerak

Berjalan 10 menit di sekitar kantor bisa menambah energi secara instan. "Berjalan adalah pembangkit energi," tandas Jon Gordon, seperti dilansir di Webmd.

Hindari: Gula memang dikenal mampu meningkatkan energi. Namun, setelah satu jam, Anda akan merasa lebih lemas dan kurang bertenaga.

4. Olahraga

Orang sering mengatakan bahwa mereka terlalu lelang untuk berolahraga. Namun pada kenyataannya, olahraga malah dapat meningkatkan energi, menurut Psychcentral, (23/7).

Tips: Lakukan olahraga rutin, misalnya berjalan kaki 10 menit setiap hari. Meski terdengar sederhana, kebanyakan orang masih sulit melakukannya.

5. Mendengarkan musik

Ini adalah salah satu cara termudah untuk menyuplaienergi secara instan. Pilih lagu favorit yang biasa Anda dengarkan! Eits..Hindari lagu super metal alias melow total! Niatnya sih ingin semangat, eh..Anda malah jadi galau sendiri.

6. Berperilaku energik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang lincah memiliki metabolisme lebih cepat. Itulah mengapa orang energik terlihat lebih bersemangat.

7. Tidur pada waktu yang sama setiap malam

Tubuh membutuhkan waktu tidur sekitar delapan jam setiap malam, seperti dilansir suite101, (20/2/2008). Yang terpenting adalah pastikan Anda tidur pada jam yang sama setiap malam.

Kurang tidur bisa menciptakan berbagai masalah kesehatan, menurut American Psychological Association:

1. kantuk patologis (kantuk yang tidak tertahan), insomnia
2. hipertensi, risiko penyakit jantung
3. gangguan emosional (depresi, gangguan bipolar)
4. obesitas, metabolik sindrom dan diabetes
5. penyalahgunaan alkohol dan obat (Dinges, 2004)

Gaya hidup sehat bisa meningkatkan performa kerja yang gemilang. Seperti ungkapan Mens sana in corpore sano. Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.

Via : Merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ