HyeSoosSong

5 September 2012


Tidak bisa dipungkiri, gemerlapnya panggung sepak bola dunia tentu menarik jutaan pasang mata. Terutama di kompetisi atau liga-liga top dunia, mulai dari Liga Inggris, Italia, hingga Spanyol.

Sepak bola kini tidak lagi hanya sebuah cabang olah raga. Dalam beberapa dekade terakhir, sepak bola menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Keuntungan dari sepak bola tidak hanya diperoleh dengan memiliki saham sebuah klub saja, tapi juga menjadi sponsor klub ternama dunia.

Klub sepak bola kini menjadi pasar bagi perusahaan-perusahaan internasional untuk mengukuhkan eksistensinya. Perusahaan pun berlomba-lomba menempatkan logo perusahaan di jersey yang dikenakan aktor lapangan hijau seperti Wayne Rooney, Steven Gerrard, Cristiano Ronaldo atau Frank Lampard.

Tapi, tidak perlu mejeng di jersey untuk bisa menarik jutaan pasang mata penikmat liga top dunia. Cukup bisa tampil sebagai media partner klub ternama, sudah bisa menarik perhatian pecinta sepak bola.

Peluang ini tentu tidak bisa dilewatklan begitu saja. Perusahaan Indonesia akhirnya kepincut menjadi media partner dan ikut mejeng bersanding dengan perusahaan skala internasional lainnya. Apa saja perusahaan lokal yang ikut mejeng bersama klub sepak bola dunia?


1. Kacang Dua Kelinci dan Real Madrid



Tampilnya perusahaan Indonesia di panggung sepak bola dunia dimulai oleh perusahaan makanan. Kacang Dua Kelinci secara mengejutkan memutuskan menjadi official sponsor klub papan atas Liga Spanyol, Real Madrid.

Kerja sama antara Kacang Dua Kelinci dan Real Madrid sesungguhnya sudah terjalin sejak Agustus 2010, namun baru dipublikaskan pada tahun lalu.

Kerja sama tersebut rencananya akan berlangsung hingga pertengahan tahun ini. Sejauh ini, dari kerja sama yang terjalin, Kacang Dua Kelinci telah mendatangkan dua pemain Real Madrid yakni Luis Figo dan Xabi Alonso.


2. Bank Danamon dan Manchester United



Sektor perbankan nasional mulai ekspansi bisnisnya dengan marketing yang tidak tanggung-tanggung. Salah satunya Bank Danamon yang menggandeng klub Liga Utama Inggris Manchester United. Bidikan Danamon tepat karena fans Setan Merah (julukan MU) di Indonesia sangat banyak, bisa mencapai 30 juta.

Bank Danamon menjalin kerjasama dengan MU untuk memasang logo klub tersebut di kartu kredit Danamon. Keuntungan lain yang bisa bagi Danamon adalah diberikan ruang iklan produk Danamon pada Light Emitting Diode (LED) di sisi lapangan stadion Olf Trafford di beberapa laga yang dilakoni oleh Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Dengan kartu kredit itu, nasabah Bank Danamon juga berkesempatan menyaksikan pertandingan Manchester United di Old Trafford. Bahkan, 30 fans Manchester United yang beruntung itu bisa melihat langsung ruang ganti pemain Manchester United.


3. Bank Negara Indonesia (BNI) dan Chelsea



Masih di sektor perbankan, seolah tak mau ketinggalan dengan Bank Danamon, Bank negara Indonesia (BNI) juga menggandeng klub Liga Utama Inggris Chelsea FC. Kerjasama tersebut diumumkan 24 Maret lalu. Kerjasama ini cukup mengejutkan karena BNI menjadi sponsor perbankan pertama yang dimiliki Chelsea FC di Asia. BNI tercatat sebagai sponsor regional Chelsea.

Dengan kerjasama ini, logo Chelsea akan tercetak di kartu kredit/debit BNI. Meskipun tidak ikut mejeng di pinggir Stamford Bridge, logo BNI dan bahasa Indonesia akan tersedia di situs resmi Chelsea FC.

Dengan kerjasama ini, pemegang kartu BNI dengan gambar Chelsea juga memiliki kesempatan menyaksikan pertandingan Chelsea secara langsung di London, Inggris.


4. Garuda Indonesia dan Liverpool


Kabar teranyar datang dari perusahaan penerbangan nasional. Maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia secara resmi menjadi maskapai penerbangan bagi klub Liga Inggris Liverpool FC. Kerjasama ini akan berlangsung selama lima musim kompetisi (2012–2015).

Maskapai pelat merah ini akan digunakan oleh Liverpool setiap tur yang dilaksanakan ke berbagai negara di wilayah Asia dan Australia.Manajemen Liverpool juga memberikan kesempatan bagi Garuda Indonesia untuk melaksanakan program campaign marketing komunikasi melalui berbagai fasilitas yang dimiliki Liverpool.

Fasilitas tersebut semisal memasang logo Garuda Indonesia pada Light Emitting Diode (LED) di sisi lapangan stadion Anfield pada setiap pertandingan yang dilakoni Liverpool dan disiarkan oleh jaringan televisi utama berbagai negara di belahan dunia.

Kerja sama dengan Liverpool memberikan kesempatan bagi Garuda Indonesia tampil di pasar internasional. Rencananya, Liverpool akan melakukan tur Asia tahun depan, dan salah satu negara yng akan dikunjungi adalah Indonesia.

Cr : tts@Merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ