HyeSoosSong

Tips mengambil gambar tanpa efek kabur

Posted by : Dini Annisa Humaira
5 September 2012



Hasil foto yang kabur bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya fokus kamera yang salah, shutter speed yang terlalu lambat, atau objek kerap bergerak. Hindari masalah tersebut dengan mengikuti tips seperti yang dilansir dari eHow  berikut ini.

Memegang kamera

Gunakan dua tangan untuk memegang kamera saat memotret. Tangan kiri bertugas menahan bagian bawah, sementara yang kanan berada pada shutter release. Sebelum mengambil gambar, hirup napas dalam-dalam dan kencangkan bahu. Dengan demikian posisi tubuh akan lebih stabil dan Anda bisa memotret tanpa efek kabur.

Shutter speed

Umumnya shutter speed pada kamera yang kurang dari 1/125 per detik bisa menghasilkan gambar yang kabur. Jadi, gunakan jenis kamera dengan shutter speed yang lebih cepat agar gambar yang Anda ambil semakin jernih dan tidak kabur.

Fokus

Sebelum memotret, biasanya kamera melakukan pre-fokus untuk mengatur kontras warna dan kecerahan pada objek. Tahan beberapa saat untuk menemukan pre-fokus yang paling tepat. Setelah merasa pre-fokus sudah stabil, segera ambil gambar untuk menghindari efek kabur.

Tripod

Menggunakan tripod dalam mengambil gambar juga bisa dimanfaatkan agar hasil foto semakin maksimal. Penggunaan tripod biasanya dilakukan jika Anda memotret di malam hari agar hasil foto terhindar dari efek kabur.

Perhatikan juga objek yang sedang Anda ambil gambarnya. Terkadang mereka juga menjadi penyebab dari hasil foto yang kabur.

Cr : Merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ