HyeSoosSong

Luangkan Waktu untuk Merawat Jantung

Posted by : Dini Annisa Humaira
7 Maret 2012




 Penyakit jantung tidak terjadi dalam semalam. Kebanyakan penyakit jantung terjadi akibat penyempitan pembuluh darah koroner selama puluhan tahun. Penyebab utama adalah gaya hidup kita.

Untuk membuat jantung tetap sehat dan berdenyut sebenarnya tidak diperlukan perubahan gaya hidup yang radikal. Kebiasaan sederhana seperti mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah, menyikat gigi dua kali sehari, serta lebih banyak berjalan kaki adalah contohnya.

Sayangnya, mayoritas orang mengatakan tidak punya waktu untuk melakukan kebiasaan sehat demi jantung. Dalam sebuah survei terhadap 1000 orang di Amerika, hanya 20 persen saja yang mengaku selalu mengonsumsi sayur dan hanya 25 persen yang secara rutin menyikat giginya sebelum tidur.

Ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

- Berhenti merokok
Rokok akan menyebabkan pembuluh darah Anda mudah menyempit dan itu sama artinya dengan memberi beban tambahan pada jantung. Merokok juga membuat jantung berdenyut lebih kencang dan menaikkan tekanan darah.

- Berolahraga

Bila jadwal harian Anda tidak memungkinkan Anda untuk secara rutin datang ke klub kebugaran, cobalah untuk berjalan kaki lebih sering agar tubuh bergerak barang sedikit. Menaiki tangga ketimbang naik lift atau memarkir kendaraan agak jauh adalah contohnya.

- Kurangi lemak

Tingkatkan asupan buah dan sayur dalam jumlah yang memadai sehingga kadar kolesterol Anda berkurang. Batasi asupan lemak tidak lebih dari 25 persen kalori. Perubahan kebiasaan ini harus menjadi gaya hidup dalam jangka panjang.

- Rampingkan perut

Memiliki tubuh yang kegemukan bukan hanya kurang menarik secara penampilan tapi juga buruk bagi jantung. Kelebihan berat badan juga memperbesar kemungkinan tingginya kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, yang menjadi faktor risiko penyempitan pembuluh darah.

Sumber :

Via :
KompasHealth

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ