HyeSoosSong

Mau coba diet ala manusia gua?

Posted by : dnanshmr
28 Oktober 2012



Gambar manusia zaman batu yang memakan daging hewan buruan dan ikan tampaknya harus diganti. Karena peneliti menemukan bahwa manusia gua lebih banyak makan tanaman dibanding daging hewan.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physical Anthropology menelusuri jejak makanan yang dikonsumsi oleh para manusia gua.

Mereka curiga dengan fakta bahwa manusia gua tetap sehat ketika mengonsumsi terlalu banyak daging, sementara manusia saat ini bisa terkena penyakit karenanya.

"Para antropolog berpendapat bahwa manusia gua banyak mengonsumsi protein daging hewan. Ini sangat tidak masuk akal," jelas ketua peneliti Tamsin O'Connel dari University of Cambridge.

"Menurut kamu, mereka hanya sedikit mengonsumsi daging," tambahnya, seperti dilansir oleh Live Science (25/10).

O'Connel kemudian mengambil sampel darah manusia saat ini kemudian membandingkannya dengan rasio isotop oksigen pada manakan.

Berdasarkan penelitiannya, O'Connel menemukan bahwa diet yang dijalani oleh manusia zaman purba 12.000 tahun lalu yang merupakan petani hanya terdiri atas 40 - 50 persen protein yang berasal dari hewan.

Selebihnya berasal dari tumbuhan. Sementara manusia zaman purba yang merupakan pemburu juga mengonsumsi lebih sedikit daging hewan.

"Kami menemukan bahwa manusia gua tak menganggap protein hewani penting dan ini membuat mereka menjalani diet seimbang antara konsumsi protein hewani, dan tumbuhan," papar O'Connel.

Cr : merdeka

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ