HyeSoosSong

5 Juni 2012



JAKARTA - Fenomena Transit Venus akan terjadi Rabu (6/6/2012) esok mulai pukul 05.10 - 11.50 WIB. Seluruh warga Indonesia bisa menyaksikannya meski tak semua berkesempatan melihat proses secara keseluruhan.

Publik yang tinggal di Yogyakarta pun berkesempatan untuk mengamati fenomena langka ini. Kiranya tak seorang pun boleh melupakan. Sebab, jika sampai terlupa, siapa pun harus menunggu hingga tahun 2117 mendatang, dimana kebanyakan pasti sudah mati.

Mutoha Arkanuddin dari Jogja Astro Club saat dihubungi Kompas.com, selasa (5/6/2012) mengatakan, "Pengamatan akan kami gelar di markas. Siapa pun yang berminat silakan datang. Ada beberapa teleskop yang kami sediakan."

Teleskop yang disediakan berjumlah 4 buah. Selain itu, JAC juga menyediakan kacamata gerhana untuk disewa selama pengamatan atau dibeli. JAC juga akan menyiarkan livestreaming proses Transit venus esok hari.

Proses Transit Venus terdiri dari 4 tahap. Kontak I adalah saat Venus menyentuh tepi luar piringan Matahari. Kontak II ialah saat Venus mulai ada di dalam Matahari. Kontak III adalah saat Venus menyentuh tepi dalam sisi piringan Matahari yang lain. Pada kontak IV, Venus mulai meninggalkan Matahari.

JAC akan menggelar pengamatan bersama mulai pukul 09.00 - 12.00 WIB. Dengan waktu ini, publik bisa melihat proses kontak III dan kontak IV, sekaligus proses Venus menyebrangi muka Matahari dari sisi satu ke yang lain.

Bagi publik Yogyakarta yang berminat melihat, markas JAC beralamat di Jl. Gejayan Soropadan 4. Ayo ramai-ramai mengamati! Jangan lupa membawa kamera untuk bisa mengabadikan proses transit planet nan langka ini.

Source : sains.kompas

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ