HyeSoosSong

14 Desember 2011


JAKARTA,  — Adil Firmansyah (27), pelaku penusukan terhadap juru kamera TVOne Dadang Arwanda, diduga mengalami gejala depresi. Hal ini terungkap setelah tim psikolog Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan terhadap pria itu pada Selasa (13/12/2011) malam.

Dia lebih suka menikmati hidup sendirian di kamar meski dia anak ketiga dari enam bersaudara.
-- Nurcahyo

"Dia dari keluarga yang suka berpindah-pindah. Dulu pernah masa SD di Bekasi, SMP dan SMA di Jogja, dan kebetulan ada kecenderungan tren yang sama bahwa dia orang yang antisosial," ungkap Kepala Bidang Psikolog Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Arif Nurcahyo, Rabu (14/12/2011), di Mapolda Metro Jaya.

Dia mengatakan, dalam pemeriksaan tadi malam, tim psikologi lebih menggali soal latar belakang keluarga Adil. Pasalnya, latar belakang keluarga biasanya berpengaruh pada sikap seseorang yang nekat melakukan tindak kriminal dan melukai orang lain. Pada pemeriksaan itu, Adil diketahui sebagai sosok yang lebih nyaman dalan kesendirian.

"Dia lebih suka menikmati hidup sendirian di kamar meski dia anak ketiga dari enam bersaudara," kata Nurcahyo.

Selain itu, latar belakang pendidikan Adil juga tamatan SMA dan kini masih menganggur. "Dia belum pernah bekerja. Pengangguran dan banyak menghabiskan waktu main game," katanya.

Dia menuturkan, dengan sifatnya yang penyendiri itulah yang mungkin menjadi faktor pemicu tindakan kriminal itu. Namun, Nurcahyo melihat Adil diduga memiliki latar belakang penyakit kejiwaan.

"Sebenarnya mungkin dia ada riwayat sakit, tapi dengan ekonomi keluarga yang terbatas dan dia sendiri tak menyadari bahwa dirinya sakit," kata Nurcahyo.

Dari gejala-gejala yang ada, katanya, pelaku penusukan juru kamera TVOne itu diduga depresi. "Indikasi depresi arahnya lebih kuat," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, juru kamera stasiun televisi TVOne bernama Dadang Arwanda ditusuk Adil yang merangsek masuk ke dalam arena studio "Apa Kabar Indonesia Malam" di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat. Peristiwa ini terjadi pada Senin (12/12/2011) pukul 19.30 WIB.

Adil saat itu tiba-tiba saja masuk ke dalam lobi Wisma Nusantara. Pria itu memaksa masuk meski sudah dihadang oleh seorang petugas keamanan bernama Abu Bakar. Karena dicegat, Adil pun berang. Dia mengeluarkan sebilah pisau dan menyerang Abu Bakar. Akibatnya, baju sebelah kanan Abu pun robek.
Setelah melewati Abu, pelaku langsung menyerang Dadang Arwanda di lokasi siaran. Dadang mengalami luka tusuk sepanjang 3 cm di perut sebelah kiri. Setelah melakukan aksi nekatnya, Adil dibekuk petugas keamanan Wisma Nusantara.

Tak beberapa lama, aparat kepolisian lalu datang dan menginterogasi Adil. Selama diperiksa, pengakuan Adil berubah. Dia sempat mengatakan bahwa dirinya menyukai Grace Natalie, tetapi membenci TVOne karena logonya yang mengandung angka satu. Dia juga mengatakan bahwa dirinya kerasukan dan mendengar suara-suara. Pihak kepolisian pun menurunkan tim psikolog untuk memeriksa kondisi kejiwaan Adil.

Source : Kompas

0 komentar:

Copyright © 2012 HyeSoosSong | Another Theme | Designed by Johanes DJ